Wednesday, June 13, 2012

HORMON


HORMON

Hormone adalah system endokrin pengendali fungsi metabolism tubuh seperti untuk mengatur tingkat energy, kecepatan aktivitas enzim, penyerapan dan transformasi mineral penting. Fungsi lain yang terkait adalah pengendalian pertumbuhan, fungsi seksual, dan tekanan darah. Begitu pentingnya peranan hormone dalam system tubuh, sehingga usaha atau kegiatan suplemen senyawa ini tidak boleh sembarangan, dan sebaiknya di bawah pengawasan dokter.

DHEA

Dehidroepiansteron
DHEA adalah hormone steroid yang paling banyak beredar di dalam tubuh kita. Sebagian besar dibuat oleh kelenjar adrenal, sebagian lainnya disintesa di otak dan kulit. DHEA adalah bahan dasar untuk pembuatan hormone seks, terutama testosterone dan estrogen. Sebagian peneliti menyebut DHEA sebagai “hormone buffer” yakni hormone yang digunakan bila tubuh memerlukan untuk memberikan efek yang sangat bervariasi sesuai dengan lingkungan hormonal individual. DHEA bia menimbulkan efek mirip estrogen dan progesterone.
Kegunaan lain dari DHEA adalah mempertahankan kadar hormone seks yang normal, dan mengatasi efek buruk dari stress. Kadar DHEA akan menurun Karena pengaruh stress, penuaan, merokok, juga pada banyak kasus penyakit kronis, terutama penyakit autoimun. Belum dipastikan, apakah kadar DHEA yang rendah itu disebabkan atau justru malah merupakan penyebab dari penyakit kronis tersebut. Tetapi yang pasti suplementasi DHEA memberikan perbaikan yang cukup jelas pada kasus penyakit kronis, terutama penyakit autoimun.
Suplementasi DHEA meningkatkan perasaan sehat secara fisik dan psikologis pada pria usia lanjut. Efek DHEA meningkatkan tidur lelap tahapan REM, bagian tidur yang sangat penting untuk regenerasi sel otak dan penyimpanan memori jangka panjang.
Penggunaan : suplementasi hormone untuk mengatasi keluhan pada usia lanjut dosis 5 sampai 25 mg dua kali sehari.

Testosterone

Testosterone bertanggung jawab untuk pembentukan karakteristik tubuh maskulin, dan fungsi penting pada pria dan wanita, misalnya untuk libido, pertumbuhan otot, dan deposisi kalsium di tulang.
Pada usia lanjut dan kondisi stress terjadi penurunan produksi testosterone dengan gejala penurunan libido dan mudah lelah. Untuk kondisi tersebut diperlukan suplementasi testosterone di bawah pengawasan dokter. Ada produk suplemen penguat dorongan seks pria yang mengandung testosterone, biasanya diberikan sebagai metal-testosteron dan sebaiknya digunakan dengan hati-hati setelah berkonsultasi dengan dokter.
Estrogen
Estrogen bertanggung jawab untuk perkembangan karakteristik wanita, yaitu pembesaran payudara, pelebaran panggul, kulit lebih halus, dan pola rambut wanita dewasa. Juga berfungsi dalam deposisi kalsium di tulang, pertumbuhan pada masa remaja dan struktur otot.
Bersama progesterone, estrogen membentuk keseimbangan hormone wanita. Bila keseimbangan tersebut terganggu, dapat terjadi gejala berupa ketegangan pramenstruasi, perdarahan menstruasi yang berlebihan, menstruasi tidak teratur, dan menopause. Terapi sulih hormone estrogen diberikan di bawah pengawasan dokter.
Fitoestrogen
Fitoestrogen adalah estrogen pengganti yang diperoleh dari sumber tumbuh-tumbuhan. Fitoestrogen mempunyai efek menyerupai estrogen, dan bekerja sebagai penyeimbang yang berguna untuk wanita saat mengalami gangguan ketidak-seimbangan estrogen, seperti PMS (premenstrual syndrome) dan menopause dan juga membantu menurunkan risiko kanker wanita.
Dalam fungsi sebagai penyeimbang hormonal wanita, fitoestrogen bekerja  pada reseptor estrogen. Bila kadar estrogen sangat tinggi, fitoestrogen akan menurunkan aktivitas estrogen dengan berebut reseptor. Sedangkan pada saat kadar estrogen rendah, fitoestrogen akan meningkatkan aktivitas estrogen dengan mengisi reseptor kosong. Isoflavon adalah kelompok yang paling banyak digunakan sebagai fitoestrogen, misalnya genistein dan daizein yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada tumbuhan family brassica dan umbelliferus. Selain isoflavon, dilaporkan pula senyawa lignin, yaitu enterodiol dan matairesinol, yang ditemukan dalam rye (sejenis gandum) dan dikonversi oleh bakteri probiotik (pendukung kesehatan) di usus menjadi fitoestrogen
Genistein dan Daidzein
Genistein dan Daidzein adalah senyawa isoflavon yang berfungsi sebagai fitoestrogen, dan terdapat pada family umbelluferous (fannel, seledri, peterseli), family brassica (klubis, brokoli, brusel sprout), kedelai, kacang-kacangan, gandum lengkap, apel dan alfalfa.
Enterodiol dan Matairesinol
Enterodiol dan Matairesinol adalah senyawa lignin yang berfungsi sebagai fitoestrogen, dan ditemukan pada dinding sel tumbuhan, terutama pada kulit biji rye (sejenis padi-padian) dan biji rami (flazseed).
Fitosterol
Fitosterol adalah sterol dari tumbuhan yang dapat mengontrol kolesterol dengan menghambat penyerapan kolesterol dan membuangnya untuk memperbaiki regulasi kolesterol ke tingkat yang normal. Fitosterol sendiri tidak begitu diserap oleh tubuh sehingga dapat menangkap kolesterol untuk dibuang keluar tubuh. Fitosterol terbagi dalam tiga kelompok, yaitu betasitosterol, stigmasterol dan camposterol. Namun, suplementasi fitosterol belum menjadi kebiasaan, karena mudah diperoleh dari makanan yang kaya fitosterol.
Sumber dari makanan : Minyak tumbuhan, seperti sawit, kedelai, kacang tanah, biji kapas, zaitun dan bungan matahari. Selain itu, margarine yang dibuat dari minyak pelbagai tumbuhan tersebut juga mengandung fitosterol, yang secara langsung bermanfaat bagi kesehatan jantung.
Kelenjar Tiroid
Ekstrak kelenjar tiroid adalah ekstrak kelenjar tiroid hewani yang digunakan pada kasus terjadinya gangguan fungsi tiroid, berupa aktivitas tiroid yang buruk, atau sel-sel tubuh tidak berespons secara baik terhadap hormone tiroid di dalam darah. Gangguan tersebut terjadi pada usia lanjut, kondisi stress dan penyakit kronis, dengan gejala umum berupa kelelahan, peningkatan berat badan, temperature tubuh rendah (sensitive terhadap hawa dingin), kulit kering dan konstipasi.
Tujuan suplemen tadinya adalah memberikan semua nutriasi yang diketahui dan tidak diketahui sesuai denan kebutuhan tubuh agar fungsi tiroid bekerja kembali dengan baik. Produk ini cukup aman dan tersedia di toko makanan kesehatan.
Penggunaan : Untuk meningkatkan sekresi hormone tiroid digunakan suplemen produk ekstrak tiroid dalam bentuk kering.
Kelenjar Timus
Kelenjar timus yang terletak tepat di bawah tulang dada adalah kelenjar utama dari system imun yang memproduksi hormone timosin (thymosin hormone) untuk menghasilkan antibody, yang mempunyai efek seperti sel darah putih (lymphocytes). Dalam keadaan stress dan penuaan terjadi gangguan pada kelenjar timus dengan akibat tubuh mudah sakit, alergi, dan infeksi saluran pernapasan kronis.
Suplementasi diberikan oleh dokter berupa ekstrak kelenjar timus sapi (ox thymus glands). Mungkin bagi seorang vegetarian hal ini menjadi halangan, tetapi agar dipertimbangkan manfaatnya dalam meningkatkan system imun, menurunkan elergi makanan, dan meningkatkan pertahanan tubuh terhadap infeksi saluran pernapasan kronis.
Penggunaan : Untuk memperkuat system imun dosis kapsul 500 mg tiga kali sehari.

No comments:

Post a Comment