Friday, June 22, 2012

Perubahan Warna Kuku

Perubahan Warna Kuku




Bercak putih
Kita semua barangkali mengenal bercak atau garis putih tidak beraturan yang kerap muncul di kuku kita. Bercak pucat tersebut yang secara medis dikenal sebagai leukonycia biasanya tanda cedera kecil kuku yang tidak berbahaya, yang biasanya akan menghilang seiring berjalannya waktu. Bercak atau tanda putih di kuku juga bisa disebabkan oleh onycholysis. Onycholysis adalah pemisahan kuku dari dasar kukunya. Siapa pun yang pernah memukul kuku mereka dengan palu tahu kalau kuku tersebut kemungkinan akan terlepas. Tapi kadang-kadang bercak atau garis putih di atas, di dalam, atau di bawah kulit kita tidak berbahaya sama sekali. Tanda-tanda putih ini juga bisa menandakan kondisi-kondisi semacam kutil kulit atau jamur (onychomycosis) atau kondisi kulit semacam psoriasis dan eksem, yang dapat mempengaruhi kuku. Bercak putih di kuku juga dapat menjadi salah satu dari beberapa tanda kondisi sistemis sarkoidosis, yang menyerang kulit, paru-paru dan organ lainnya. Jika selain bercak putih kuku juga terasa lunak yang dikenal sebagai kuku Plummer, hal itu dapat mengarah kepada hipertiroidisme.

Garis putih tunggal
Sebuah garis putih yang agak tebal yang melintang di sepanjang kuku disebut garis Mee,merupakan tanda klasik keracuanan arsenic atau thalium. Namun, sebelum anda berpikir ada seseorang yang berniat membunuh anda, pikirkan hal ini: garis Mee bisa menunjukkan beragam kondisi sistemis yang serius yang bisa merusak kuku, termasuk gagal jantung, penyakit Hodgkin, malaria dan bahkan lepra. Karena garis-garis putih ini, yang cenderung hanya menyerang satu kuku jari, melekat di kuku itu dengan sendirinya, garis-garis itu akan menghilang ketika kuku tumbuh kalau penyebab utamanya berhasil diobati. Malah, tanda kuku ini bisa membantu menunjukkan kapan penyakit (atau keracunan) itu dimulai. Semakin rendah tanda tersebut di kuku, semakin baru waktu kejadiannya.

Garis putih ganda     
Jika anda melihat dua garis tipis melintang di satu atau lebih dari kuku anda, maka anda mengalami tanda klasik garis Muehrcke. Garis ini sebenarnya berada di dalam dasar kuku (jaringan di bawah kuku yang keras), sehingga mereka tidak akan bergerak atau menghilang ketika kuku tumbuh. Garis Muehrcke adalah sebuah tanda hipoalbuminemia, tingkat protein albumin dalam darah yang lebih rendah daripada kadar normal yang sangat umum. Beberapa kondisi medis yang akut dan kronis, termasuk di antaranya penyakit ginjal, sirosis hati, gagal jantung dan malnutrisi, bisa menghasilkan tanda-tanda ini. Namun, sebagian besar kasus disebabkan oleh radang yang timbul akibat sebuah infeksi atau luka.

Kuku dua warna
Apabila separuh kuku anda berwarna cokelat dan separuh lainnya putih-agak mirip ke hitam-dan-putih yang terkenal itu di New York-anda mungkin mengalami apa yang dikenal sebagai half-and-half nails. Dalam kondisi ini, bagian putihnya berada di pangkal kutikula kuku, sedangkan bagian cokelatnya lebih dekat ke ujung kuku. Sayangnya, kuku separuh-separuh ini salah satu tanda umum adanya penyakit ginjal kronis.
Namun, jika kuku anda hampir seluruhnya putih tembus pandang, anda mungkin mempunyai sebuah bentuk leukonychia yang disebut kuku Terry. Pada kuku Terry, yang biasanya memengaruhi semua kuku anda, kuku berwarna keputihan mulai dari kutikula hingga hampir ke ujung kuku, di mana terdapat sebuah garis merah muda atau cokelat yang gelap. Kadang-kadang kuku ini begitu putih dan tembus pandang sehingga bagian bulan kuku-disebut lunula-menghilang. Warna putih dan cokelat itu ada di dasar kuku, bukan di kuku itu sendiri. Kuku Terry adalah salah satu tanda penuaan yang cukup umum. Sayangnya, dan terutama pada orang-orang muda, kuku ini sering menandakan sirosis hati, diabetes, gagal ginjal kronis atau gagal jantung tersumbat.

Kuku biru
Meski kuku yang dicat warna biru mungkin menandakan fantasi atau pemberontakan anak muda, kuku yang biru secara alami mungkin suatu pertanda penting bahwa anda tidak mendapat cukup oksigen-sebuah kondisi yang dikenal sebagai cyanosis. Seperti pada bibir biru, kulit biru, dan tanda-tanda lain cyanosis, kuku biru bisa menandakan penyakit paru-paru atau penyakit arteri perifer (PAD), selain beberapa masalah sirkulasi lainnya. Kuku orang-orang dengan penyakit Raynaud, yang dianggap suatu PAD, kadang-kadnag akan berubah berubah biru, biasanya karena kedinginan atau stress, dan akan kembali normal begitu sirkulasi normal lagi. Kuku biru juga bisa menandakan reaksi terhadap obat-obatan, seperti obat antivirus dan antibiotic tetrasiklin.

Kuku kuning
Kuku berwarna kuning mungkin tanda bahwa seseorang adalah perokok berat dan pernah mengonsumsi antibiotic tetrasiklin. Atau kuku kuning mungkin hanya petunjuk kosmetik yang mengungkapkan bahwa dia telah menggunakan cat kuku warna gelap, yang bisa meninggalkan noda kuning setelahnya. Tetapi kuku kuning juga bisa menandakan sesuatu yang lebih serius. Mirip dengan mata dan kulit kuning, kuku kuning bisa menunjukkan penyakit kuning (jaundice). Kuku kuning juga bisa menjadi salah satu tanda AIDS. Dan kuku kuning dengan bagian bawah yang sedikit kebiruan bisa menandakan diabetes. Tetapi kadang-kadang kuku kuning-terutama jika tumbuhnya pelan, sangat tebal dan melengkung, kehilangan kutikulanya, dan bahkan copot mungkin menandakan sebuah kondisi langka yang dengan pas dinamai sindrom kuku kuning. Selain kuku yang kuning dan ternoda, seseorang dengan siondrom kuku kuning biasanya mengidap suatu penyakit paru-paru dan/atau limfedema, yaitu meningkatnya cairan getah bening di jaringan itu. Seluruh kuku biasanya terkena dan sayangnya hampir selalu permanen.

Perubahan warna bulan kuku
Area pucat berbentuk lengkung di bagian bawah kuku adalah bulan kuku, yang disebut lunula. Lunula bisa punya banyak warna, sebanyak fase yang dilalui bulan di angkasa. Misalnya, bulan biru bukan hanya judul sebuah lagu lama. Secara medis dikenal sebagai azure lunula, bulan kuku berwarna biru bisa menjadi tanda penyakit Wilson, sebuah penyakit hati degenerative yang bersifat keturunan, di mana dalam hati terjadi peningkatan tembaga. Bulan kuku berwarna merah, di sisi lain, bisa menandakan gagal jantung. Dan bulan kuning, seperti halnya kuku kuning, bisa mengungkapkan bahwa anda mengonsumsi antibiotik tetrasiklin. Tetapi bulan kuku yang biru-abu-abu bisa menjadi tanda peringatan keracunana perak; bulan kuku cokelat atau hitam mungkin menunjukkan asupan fluorit yang berlebihan.

2 comments: